Menata Halaman Rumah Agar Tampil Cantik

http://ruangrumahkita.blogspot.com/Kali ini Ruang Rumah Kita akan berbagi bagaimana caranya mempercantik halaman rumah idaman anda baik itu rumah minimalis atau rumah mewah, halaman rumah adalah yang tidak bisa diabaikan begitu saja karena halaman rumah akan terlihat pertama kali jika orang akan memasuki rumah idaman anda. Tulisan di bawah ini bersumber dari beberapa blogger yang ahli dalam bidang desainer rumah.

Salah satu bagian eksterior rumah yang dapat dirancang dengan indah adalah bagian halaman rumah. Halaman yang memesona tentunya akan
membuat Anda dan keluarga Anda betah untuk menikmati suasana halaman yang indah. Apabila rumah Anda mempunyai lahan halaman yang luas dan memadai, Anda bisa mendesain halaman yang lebih menarik. Anda bisa mendesain halaman dengan tanaman rumput. Ya, rumput memiliki banyak fungsi bila dirancang rapi dan teratur. Tidak hanya dari segi estetika, rumput di halaman juga bermanfaat dari segi lingkungan dan kesehatan. Kegunaan dari tanaman ini bisa melindungi tanah dari pengikisan air dan juga mampu menyejukkan sekitar rumah. Anda bisa memilih jenis tanaman rumput dengan ciri yang gampang diatur, tumbuh dengan ketinggian rendah, cepat tumbuh subur dan lainnya. Halaman rumah yang ditumbuhi tanaman rumput akan semakin indah bila dikombinasikan dengan aneka bunga dan kolam ikan / taman dengan pancuran air. Anda bisa mengunjungi artikel berikut untuk melihat aneka kolam sebagai penghias halaman taman rumah Anda:

Berikut ini kami tampilkan beberapa tips menata area halaman rumah agar tampil lebih menarik:

  1. Sebaiknya jangan menaruh deretan tanaman terlalu dekat. Hal ini akan membuat taman di halaman rumah Anda semakin terkesan sempit dan kecil. Anda bisa membuat lengkungan yang lebar dan luas.
  2. Ada baiknya menanam tanaman seperti satu garis lurus, karena desain garis lurus dan rapi menciptakan taman yang tertata dengan apik.
  3. Jika Anda membeli aneka tanaman atau bunga untuk halaman rumah Anda, jangan memilih satu jenis saja. Anda bisa menempatkan berbagai jenis tanaman per kelompok dengan susunan yang rapi. Desain ini akan menciptakan pemandangan yang lebih cantik dan menarik.
  4. Pada halaman belakang, Anda bisa menempatkan satu set furniture lengkap dengan sofa, kursi dan meja. Anda bisa menggunakan area ini untuk bersantai atau tempat berkumpul anggota keluarga. Model furniture untuk area halaman disesuaikan dengan panataan taman rumah. Misalnya, Furniture bergaya klasik cocok dengan taman dengan banyak tanaman bunga atau konsep desain rumah bergaya klasik. Anda juga bisa memilih furniture berbahan kayu, jika Anda ingin menginginkan suasana alami.

Anda bisa menempatkan gazebo di halaman rumah Anda. Fungsi dari gazebo di halaman bisa dijadikan sebagai ruang santai keluarga atau bisa juga untuk menerima tamu keluarga dekat. Desain gazebo untuk taman ada berbagai model, diantaranya gazebo khas Bali atau Jawa. Gazebo memiliki keunikan tersendiri untuk memperindah desain halaman rumah Anda. Jika Anda ingin menghadirkan gazebo, berikut ini kami hadirkan beberapa tips dalam mendesain gazebo rumah agar tampil cantik:
  • Gazebo yang terbuat dari bahan kayu sebaiknya dibuat menyatu dengan eksterior rumah dan diserasikan dengan taman di sekelilngnya. Gazebo bisa menjadi tempat yang terlindungi dari panas dan hujan untuk area bersantai anggota keluarga.
  • Sesuaikan model gazebo dengan desain rumah yang diterapkan, baik itu model minimalis, modern, mediteran dan lainnya. Lalu bagaimana dengan ukuran? Gazebo untuk halaman rumah tak harus berukuran besar. Ukuran 2×2 meter saja bisa memuat sekitar 4-5 orang di dalamnya. Memang idealnya, rumah yang ditempatkan gazebo minimal mempunyai halaman yang luasnya sekitar 100 meter persegi termasuk taman rumah.
  • Anda bisa menempatkan tanaman rendah sebagai penghias taman rumah. Anda bisa menggunakan tanaman rambat pada tiang gazebo agar tampil lebih cantik.
  • Bentuk gazebo yang landai bisa menjadi pilihan yang menarik. Agar nampak lebih cantik dan asri, di dekat gazebo desainlah kolam ikan hias dengan tanaman hijau yang membuat suasana halaman rumah tambah nyaman.
  • Agar gazebo terlihat menarik pada malam hari, Anda bisa menghiasinya dengan lampu hias gantung di tengah gazebo atau lampu hias yang ditempatkan di tiang-tiang.
Tips Membangun Gazebo Minimalis

Terbatasnya lahan bukan berarti membuat Anda tidak bisa menciptakan taman yang bisa memperindah halaman rumah. Anda tetap bisa membuat eksterior rumah dengan tampilan yang menarik dengan nuansa alami dengan taman mungil sederhana.

Jika ukuran halaman rumah Anda tidak begitu luas, taman yang didesain dengan pot-pot tanaman bisa menjadi solusi yang cerdas. Tanaman dengan pot atau wadah tertentu dapat dibuat dengan mudah dan cepat. Deretan pot bunga memiliki fungsi dekoratif yang bisa menciptakan kesan keindahan dan kesejukan. Anda bisa memberikan oranamen pada taman minimalis Anda dengan air mancur, bebatuan, patung-patung dan sebagainya.

Tema taman dapat disesuaikan dengan selera pemilik rumah atau konsep awal rumah. Anda bisa memilih tema seperti taman tropis (bunga yang berwarna-warni), taman aromatik (jenis tanaman yang berbau harum/wangi), taman apotek hidup (tanaman obat) dan juga taman rempah (tanaman untuk kebutuhan memasak). Jika model rumah Anda berbahan kayu atau rumah bambu, taman di halaman rumah dapat dirancang dengan menempatkan pot-pot gerabah dengan desain unik dengan tanaman bunga yang berwarna-warni. Sedangkan untuk desain rumah minimalis, sebaiknya Anda menggunakan pot-pot berbahan botol atau seng. Lalu Anda bisa menaruh tanaman air atau tanaman yang teduh yang eksotik.

Hal terpenting dalam mendesain taman di halaman rumah yang sempit adalah ide kreatif dari pemilik rumah. Anda bisa menempatkan berbagai tanaman secara berkelompok sesuai dengan jenis dan warna tanaman dipadupadankan dengan oranamen taman seperti, air mancur,batu alam, lampu taman dan sebagainya. Hal tersebut dapat menciptakan suasana yang nyaman dan menyegarkan. Berikut ini artikel lain yang mungkin bisa menjadi inspirasi Anda dalam menata taman halaman rumah yang sempit.

Berikut Ruang Rumah Kita sertakan beberapa contoh gambar halaman dengan taman cantiknya, semoga menjadi aspirasi anda untuk membuat taman di rumah idaman anda....

http://ruangrumahkita.blogspot.com/

http://ruangrumahkita.blogspot.com/

http://ruangrumahkita.blogspot.com/

http://ruangrumahkita.blogspot.com/


http://ruangrumahkita.blogspot.com/

http://ruangrumahkita.blogspot.com/

http://ruangrumahkita.blogspot.com/

http://ruangrumahkita.blogspot.com/

http://ruangrumahkita.blogspot.com/

http://ruangrumahkita.blogspot.com/


Related Posts:

0 Response to "Menata Halaman Rumah Agar Tampil Cantik"

Post a Comment