20 Desain Carport Minimalis Menawan dan Mewah

Desain Carport Minimalis
20 Desain Carport Minimalis Menawan dan Mewah. Sewaktu mengantar kerabat dari kampung kelahiranku untuk mencari sahabat karibnya sewaktu di SD dulu yang sekarang sudah berhasil menjadi seorang akuntan publik terkenal di Surabaya, Setelah mulai memasuki kawasan komplek perumahan elite dia terheran dan berkata "orang Surabaya itu konyol ya, masak mobilnya tidak dimasukkan dalam garasi" lalu aku mencoba mentralisir ketidaktauannya "Disini tanah mahal, tanah sejengkalpun sebisamungkin dimanfaatkan untuk dijadikan ruangan, walaupun mobilnya tidak dimasukkan ke dalam garasi tetapi tetap terlindungi dari hujan dan terik matahari, bangunan itu namanya carport, lagian bisa pamer kalau mereka punya mobil mewah"



Kejadian siang itu menjadi aspirasiku untuk menulis dan berbagi lagi tentang desain carport tyoe minimalis tetapi tetap terlihat mewah dan menawan, tetapi sebelum berbicara desainnya, alangkah baiknya kita juga mengetahui bahan dan materialnya agar carport bukan hanya tampil menawan dan mewah tetapi kokoh dan aman bagi mobil kita, karena salah memilih material carport khususnya kanopinya bisa-bisa merusak cat mobil anda.


Ukuran dan Persyaratan Teknis
Ukuran carport sangat terkait dengan ukuran mobil yang Anda punyai, atau yang direncanakan akan Anda punyai dalam jangka panjang. Ukuran carport harus lebih luas dari dimensi mobil anda, untuk keperluan manuver mobil ketika keluar masuk mobil, atau sirkulasi di sekelilingnya. Low dan medium MPV biasanya mempunyai panjang maksimal 4,6m. jadi cukup sediakan carport dengan panjang 5m untuk mobil jenis tersebut. Beda halnya dengan MPV dan sedan premium, Anda harus menyediakan carport dengan panjang minimal 5,3m. Bila space di halaman Anda kurang dari 4m, berarti carport Anda hanya akan dapat memuat mobil jenis city car.

Lebar carport yang harus disediakan untuk semua jenis mobil hampir sama. Carport selebar 3m sudah bisa mengakomodasi hampir semua jenis mobil. Tetapi lain halnya, bila pada carport Anda berencana untuk meletakkan kendaraan lain, sepeda motor misalnya. Paling tidak Anda harus menambahkan lebar carport 80-100cm.

Tinggi mobil standard yang paling tinggi kurang dari 1,9m. Jadi bila carport Anda mempunyai kanopi, sisakan clearance minimal 2,3m di bawah kanopi.

Persyaratan teknis yang lain yang harus dipenuhi pada sebuah carport adalah pail atau ketinggian. sebaiknya carport berbentuk miring dengan sisi bagian dalam lebih tinggi daripada pail jalan. Tetapi jangan terlalu miring, karena akan mempengaruhi sistem pengereman mobil ketika diparkir di dalam carport. Perbedaan antara sisi luar dan sisi dalam carport sebesar 10-15cm sudah cukup.

Kanopi Carport
Fungsi kanopi pada carport adalah melindungi mobil di bawahnya, terutama dari panas matahari, hujan, dan kelembaban. Pelingdung dari arah samping tidaklah terlalu penting, karena semua ancaman terhadap mobil tersebut, termasuk embun di dini hari datang dari arah atas. Banyak pilihan yang bisa kita jadikan material untuk struktur kanopi carport. Anda bisa mempergunakan stainless steel, besi tempa, besi hollow, besi galvanized, kayu, beton, atau gabungan dari berbagai material tersebut.

Karena carport berfungsi melindungi aset kendaraan Anda yang berharga, perhatikan betul-betul material yang menjadi struktur kanopi carport. Material berbagai jenis besi menguntungkan dari segi biaya, waktu pengerjaan, dan keragaman bentuk yang bisa dibuat. Tetapi material metal mempunyai keterbatasan umur karena aspek korosi dan karat, kecuali material stainless steel yang tentu saja akan memakan biaya lebih mahal. Material kayu mempunyai aspek estetis yang tinggi dan berkesan eksotik, tetapi kayu yang berkualitas sulit ditemukan saat ini dan mahal harganya. Kayu juga mempunyai umur yang tidak terlalu panjang untuk dipergunakan di interior, karena ancaman pelapukan dan rayap.

Bila mau, Anda bisa menggabungkan antara material beton untuk struktur utama carport (kolom dan baloknya) serta menggabungkannya dengan material besi sebagai struktur penopang penutup carport. Umur beton jauh lebih panjang daripada semua material di atas. Perhatikan campuran beton yang dipakai dengan benar. Yang penting juga pilihlah seluruh bahan campuran dari bahan yang berkualitas baik, mulai dari besi tulangan, pasir, kerikil, dan semen yang merupakan bahan perekat dari seluruh material beton tersebut.

Material Penutup Kanopi
Banyak bahan yang bisa Kita jadikan penutup kanopi carport. Sebaiknya pilih bahan yang tidak terlalu transparan, tetapi juga jangan terlalu masif, supaya tidak menimbulkan kesan ‘penuh’ pada halaman rumah. Material yang paling banyak dipakai adalah policarbonate. Harus hati-hati ketika memilih policarbonat, karena semua jenis policarbonat biasanya akan tampak hampir sama ketika baru, padahal mempunyai ketahanan umur yang berbeda-beda. Ada policarbonat yang berani memberikan garansi keawetan warna seumur hidup, tetapi ada yang warnanya hanya bertahan 2-3 tahun saja. Jadi jangan sampai terbujuk oleh harga yang murah tetapi memperoleh policarbonat dengan kualitas yang kurang baik. Bahan lain yang bisa dipakai adalah fiberglass, mika, atau asbes.

Lantai Carport
Material yang bisa dipilih antara lain :
  • Rabat beton atau plesteran. Gunakan semen dan pasir yang baik untuk memperoleh rabat beton yang cukup kuat untuk menahan beban mobil. Ratakan permukaan tanah, lalu lapisilah dengan pasir urug, barulah di atasnya dituang campuran adukan beton untuk membuat rabat beton setebal 8-10cm. Jangan lupa membuat tali air di atas permukaan beton untuk tempat mengalirnya air yang masuk ke dalam carport.
  • Paving block. Gunakan paving block yang cukup tebal (7-8cm) yang sanggup menahan beban mobil. Bila Anda ingin memperbanyak elemen hijau di halaman rumah, Anda bisa menggunakan grassblock, yaitu paving block yang mempunyai lubang-lubang yang bisa diisi dengan rumput.
  • Keramik. Keramik bisa dijadikan variasi dengan penggunaan rabat beton. Pilihkan keramik yang tidak licin dan sebisa mungkin beralur supaya tidak licin ketika ada air masuk ke dalam carport.
  • Koral Sikat. Material ini memiliki aspek estetis yang sangat tinggi, tetapi juga memerlukan biaya yang paling besar. Untuk menghemat biaya, biasanya koral sikat dikombinasikan dengan keramik. Gunakan semen yang berkualitas sebagai media menempelnya batu koral.

Desain Carport Minimalis

Desain Carport Minimalis

Desain Carport Minimalis

Desain Carport Minimalis

Desain Carport Minimalis

Desain Carport Minimalis

Desain Carport Minimalis

Desain Carport Minimalis

Desain Carport Minimalis

Desain Carport Minimalis

Desain Carport Minimalis

Desain Carport Minimalis

Desain Carport Minimalis

Desain Carport Minimalis

Desain Carport Minimalis

Desain Carport Minimalis

Desain Carport Minimalis


Desain Carport Minimalis

Desain Carport Minimalis

Desain Carport Minimalis



Related Posts:

0 Response to "20 Desain Carport Minimalis Menawan dan Mewah"

Post a Comment