Manata Interior Rumah dengan Bijak

http://ruangrumahkita.blogspot.com/Setelah kita menentukan desain eksterior rumah idaman anda, tak kalah pentingnya anda juga dituntut untuk jeli memilih desain interior rumah minimalis anda, sehingga anda dan keluarga akan nyaman menempati rumah idaman anda. Menata Interior Rumah Minimalis Sederhana Rumah minimalis kini marak beredar di berbagai kawasan perumahan. Para pengembang perumahan cenderung memilih konsep minimalis pada rumah yang dikembangkannya. Hal ini dikarenakan selain menghemat lokasi, juga rumah minimalis sangat sesuai dengan kebutuhan manusia pada era modern ini dengan mobilitasnya yang begitu kompleks.
Seperti yang kita ketahui bahwa mobilitas yang dilakukan oleh orang pada zaman sekarang sangatlah sibuk.
Rumah minimalis kini marak beredar di berbagai kawasan perumahan. Para pengembang perumahan cenderung memilih konsep minimalis pada rumah yang dikembangkannya. Hal ini dikarenakan selain menghemat lokasi, juga rumah minimalis sangat sesuai dengan kebutuhan manusia pada era modern ini dengan mobilitasnya yang begitu kompleks. Seperti yang kita ketahui bahwa mobilitas yang dilakukan oleh orang pada zaman sekarang sangat sibuk. Sehingga tidak mampu mengatur waktunya untuk mengubah suasana rumahnya jika rumah tersebut dibangun tanpa mengusung konsep minimalis yang cenderung mudah untuk diubah tata letaknya.

Untuk itu desain interior pada rumah minimalis dapat dijadikan acuan untuk mengubah tata letak rumah ataupun menempatkan properti yang ada dalam rumah agar terkesan sederhana.
Bagaimana Menata Interior Rumah Minimalis Sederhana
Ada beberapa poin yang harus Anda perhatikan dalam penataan interior rumah dengan lahan yang terbatas:
  • Model furniture yang dipilih sebaiknya berbentuk geometri tanpa ornamen yang rumit agar memberik kesan ruangan yang luas. Warna dan material dari furniture disesuaikan dengan tema ruangan. Furniture multifungsi bisa menjadi solusi cerdas untuk memanfaatkan ruangan yang sempit. Contoh: kursi multifungsi dengan bagian bawah kursi yang bisa sebagai tempat penyimpanan buku atau majalah. Hiasan dinding pada ruangan sebaiknya dipilih yang simple dan tidak mendominiasi tampilan ruangan secara keseluruhan. Lampu gantung pada ruangan juga dapat ditampilkan secara cantik dengan mengatur peletakannya dan juga bentuk lampunya.
  • Mendesain jalur sirkulasi yang simpel dan juga efesien. Jalur sirkulasi yang dipilih harus tepat disesuaikan dengan layout rumah secara keseluruhan. Jalur sirkulasi segaris bisa diaplikasikan untuk susunan ruang yang memanjang.
  • Anda bisa memanfaatkan ruang sisa untuk tempat penyimpanan. Dengan lahan yang terbatas, pemilik rumah harus cerdas dalam memaksimalkan tempat agar ruangan tetap terlihat rapi  dan simpel. Misalnya Anda bisa memanfaatkan area di tangga rumah. Selain itu Anda bisa memanfaatkan partisi ruangan untuk tempat penyimpanan buku.
  • Jangan menggunakan sekat ruangan yang sifatnya permanen. Gunakanlah partisi yang bisa dibongkar dengan mudah. Partisi permanen hanya akan membuat ruangan terkesan sempit.
  • Apabila ingin menempatkan karpet sebagai alas, pilihlah karpet yang memiliki warna yang solid dan tidak ada motif. Model karpet seperti ini akan menciptakan kesan ruangan yang lega dan luas.
  • Untuk akesoris ruangan, Anda bisa menempatkan lukisan di dinding yang memiliki komposisi sederhana. Pilihlah bingkai lukisan yang polos tanpa ukiran.
  • Interior kamar tidur sebaiknya dipilih dengan warna yang cerah. Untuk hiasan dinding, Anda bisa memasang stiker dinding sebagai hiasan kamar.
http://ruangrumahkita.blogspot.com/

Konsep Rumah Minimalis Seperti Apa?

Terdapat beberapa piluhan yang digunakan saat memilih konsep rumah minimalis. Salah satunya adalah rumah dua lantai. Bangunan pada lantai dasar bisa dimanfaatkan sebagai garasi dan juga ruang tamu. Dapur dan kamar mandi bisa juga didesain di lantai bawah. Sementara itu, ruang keluarga dan kamar tidur utama bisa diletakan pada bangunan lantai atas. Dengan penataan ruangan yang tepat, ruangan yang ada di setiap lantai bisa terlihat lebih lapang.

Pilihan model rumah dengan kosep minimalis lainnya adalah desain rumah satu lantai. Untuk model rumah ini, ada konseskuensi ukuran setiap ruangan yang sangat terbatas dan menyesuaikan dnegan kebutuhan pemilik rumah. Sebagai contoh, garasi rumah dibuat seukuran dnegan satu mobil saja sehingga tak bisa digunakan untuk menempatkan mobil atau kendaraan lain. Kamar tidur pada model rumah ini didesain sesuai dengan kebutuhan pemilik rumah.

Untuk menyajikan desain interior rumah minimalis yang nyaman dan indah, kita perlu menyimak desain-desain ruangan yang ada pada ruang-ruang berikut.

Ruang Tamu
Ruang yang sangat penting bagi setiap pemilik rumah ini sangat menentukan pendapat orang yang bertamu pada rumah tersebut. Karena kita telah mengetahui bahwa cerminan pemilik rumah didasarkan pada bagaimana kondisi ruang tamunya, berantakan atau cukup bersih nan indah. Ruang tamu pada rumah minimalis hendaknya disusun dengan mengusung konsep yang bersih dan rapi. Anda dapat meletakkan properti seperti sofa pada ruang tamu ini baik sofa panjang maupun pendek untuk kepentingan jika ada tamu yang berkunjung ke rumah.

http://ruangrumahkita.blogspot.com/

Selain itu anda juga dapat menambahkan hiasan dinding seperti lukisan pada dinding untuk memperindah suasana rumah tersebut dan membuat ruang tamu menjadi ramai. Anda juga disarankan untuk menata meja tamu dengan rapi disesuaikan dengan letak yang sering digunakan pada tata letak meja tamu. Tentunya meja tamu janganlah terlalu besar ukurannya. Penerangan pada ruang tamu juga harus diperhatikan, kita dapat menggunakan lampu dengan cahaya yang terang ketika ruangan digunakan. Jika tidak digunakan, kita dapat menggunakan lampu yang agak redup.

http://ruangrumahkita.blogspot.com/


Sebagai tambahan, jika dirasa perlu, karpet dapat anda pasang dibawah meja dan kursi tamu. anda juga harus menyekat ruang tamu dengan ruang keluarga dengan lemari yang didalamnya dapat berisi pernak – pernik. Berikut ini contoh-contoh gambar ruang tamu untuk lahan yang terbatas:

http://ruangrumahkita.blogspot.com/

Ruang Keluarga
Sebagaimana fungsinya, rumah keluarga didesain dengan menambahkan sofa panjang untuk kepentingan bersantai bersama keluarga. Lantai dengan karpet juga sangat cocok diletakkan di ruang keluarga agar kondisi kita pada saat bersantai semakin terasa santai dengan karpet yang dapat digunakan untuk berbaring. Selain itu anda dapat menambahkan peralatan yang digunakan untuk memutar musik maupun video seperti pemutar video sederhana hingga home theater yang dilengkapi sound. Berikut ini contoh gambar ruang keluarga bergaya minimalis:
http://ruangrumahkita.blogspot.com/

http://ruangrumahkita.blogspot.com/

http://ruangrumahkita.blogspot.com/


Ruang Makan
Interior rumah minimalis yang lain adalah terletak pada desain ruang makan. Anda dapat meletakkan meja makan dengan ukuran yang cukup untuk menampung makanan dan peralatannya agar dapat membangkitkan suasana makan. Cukupnya penerangan pada ruang makan membuat selera makan seseorang menjadi bangkit, oleh sebab itu gunakan lampu dengan penerangan yang cukup. Selain itu anda dapat meletakkan rak penyimpan makanan pada ruangan ini. Berikut ini contoh gambar ruang makan dengan konsep minimalis:

http://ruangrumahkita.blogspot.com/

http://ruangrumahkita.blogspot.com/

http://ruangrumahkita.blogspot.com/

Dapur
Konsep minimalis di dapur dapat dipilih dengan menempatkan furniture atau perabotan dapur yang berdesain simpel tanpa banyak profil ukiran atau ornament yang rumit. Warna interior dapur dapat dipilih dengan cat warna abu-abu yang merupakan warna khas konsep minimalis. Anda bisa mangaplikasikan warna abu-abu pada furniture meja, kursi  dan juga top table. Paduan warna abu-abu dapat dipasangkan dengan warna oranye. Warna ini sebagai aksen pada kitchen set, kabinet dan juga lemari dapur. Berikut ini contoh dapur bergaya minimalis yang dapat dijadikan inspirasi. untuk pembahasan dapur minimalis secara lengkap bisa nada baca disini
http://ruangrumahkita.blogspot.com/

http://ruangrumahkita.blogspot.com/

http://ruangrumahkita.blogspot.com/

Kamar Mandi
Untuk membuat kamar mandi minimalis yang nyaman sekaligus menarik, Anda dapat memilih warna-warna cerah agar suasana kamar mandi lebih segar dan hidup. Anda bisa mengombinasikan warna oranye dan putih. Satu bidang dinding kamar mandi bisa dicat dengan warna putih, sedangkan  dinding pada sisi lain bisa dicat warna oranye. Kloset, wastafel dan bathub warna putih dengan desain yang simpel dapat menjadi pilihan terbaik yang bisa menciptakan kamar mandi modern yang menyegarkan. Berikut ini contoh interior kamar mandi dengan lahan yang terbatas. Untuk pembahasan kamar mandi modern dan minimalis dapat anda baca disini

http://ruangrumahkita.blogspot.com/

http://ruangrumahkita.blogspot.com/

http://ruangrumahkita.blogspot.com/

Kamar Tidur
Konsep kamat tidur bergaya minimalis dapat diaplikasikan dengan penataan dekorasi dan furniture yang tepat. Gunakanlah furniture minimalis yang berdesain simpel untuk ruangan kamar tidur. Untuk beddings seperti sprei tempat tidur, Anda bisa memilih yang rapi dan sederhana. Pilihlah warna-warna yang cerah dan hangat. Kain yang berwarna polos untuk sprei dan gorden, sangat cocok untuk kamar tidur berukuran sempit. Ada baiknya jangan memilih kain dengan pola yang besar dan warna-warna yang berani sebab akan menciptakan kesan sempit dan tidak nyaman untuk kamar tidur minimalis. Berikut ini contoh ide interior kamar tidur dengan ruangan yang sempit.
http://ruangrumahkita.blogspot.com/

http://ruangrumahkita.blogspot.com/

http://ruangrumahkita.blogspot.com/

Semoga Uraian Singkat ini bermanfaat, guna menyempurnakan blog ruang rumah kita ini, kami mengharap saran dari para pembaca, dan jangan lupa like facebooknya... terima kasih

Related Posts:

0 Response to "Manata Interior Rumah dengan Bijak"

Post a Comment