Membangun Rumah Kayu Modern


Ingin tampil beda dengan kebanyakan orang pada umumnya adalah keinginan alamiah manusia, begitu juga jika anda menginginkan rumah tinggal anda berbeda dengan rumah-rumah di sekitar anda.
Rumah merupakan kebutuhan primer manusia yang harus dipenuhi untuk bertahan hidup di dunia. Memiliki rumah memang hal yang sangat dibutuhkan oleh setiap orang. Karena rumah memiliki berbagai fungsi yang sangat membantu manusia dalam melakukan aktivitasnya. Rumah merupakan tempat untuk beristirahat dan berkumpul keluarga setelah lelah seharian mencari nafkah ataupun melakukan aktivitas di luar rumah. Interaksi antar anggota
keluarga pun dapat terbangun di dalam rumah. Selain itu rumah juga merupakan tempat berlindung dari turunnya hujan dan teriknya matahari.

Rumah dibangun dengan berbagai model dan bahan bangunan yang dikehendaki oleh masing – masing pemiliknya. Salah satu rumah yang unik adalah rumah kayu. Anda pasti pernah melihat bangunan rumah yang terbuat dari kayu bukan? Bangunan rumah tersebut terkesan sangat unik karena arsitekturnya berbeda dengan rumah yang dibangun di daerah perumahan. Dengan menggunakan bahan kayu pada arsitekturnya, rumah tersebut memiliki banyak keistimewaan. Rumah kayu memiliki desain interior yang sangat artistik dengan bongkahan kayu pada dindingnya yang disusun dengan pahatan atau ukiran yang memiliki nilai seni yang luar biasa. Kita dapat melihat  betapa artistiknya susunan kayu yang digunakan untuk membangun lapisan pada dindingnya yang disusun dengan sedemikian rupa membentuk dinding yang kokoh. Hiasan dinding berupa ukiran dan pahatan pada dasaran kayu juga sering terlihat memberikan warna pada dinding rumah tersebut. Pilar – pilar pada rumah tersebut juga terbuat dari kayu yang disandarkan untuk menopang berdirinya rumah tersebut. Rumah kayu dibangun dengan dekorasi yang memiliki beberapa jumlah pilar untuk menopang bangunan rumah tersebut agar kelihatan unik seperti rumah pada kerajaan – kerajaan. Pada bagian lantai rumah kayu, biasanya dilapisi dengan keramik jika sang pemilik ingin memadukan konsep modern didalam konsep sederhana rumah kayu.

Rumah dengan model seperti ini sangat sesuai dibangun di daerah pedesaan yang memiliki udara yang masih segar dan pemandangan alam yang menarik. Arsitektur rumah yang terbuat dari kayu identik dengan vila – vila yang dibangun di daerah pegunungan yang dapat digunakan untuk tempat bersantai yang sangat nyaman. Sembari menikmati keindahan alam di pegunungan, kita dapat pula menikmati keindahan rumah yang kita gunakan untuk bersantai. Keuntungan membangun rumah kayu juga dapat dirasakan oleh pemiliknya. Pada saat siang hari rumah yang terbuat dari bahan kayu tidak terasa panas ketika ditempati. Sedangkan pada saat malam hari udara dingin terhambat dari hangatnya susunan kayu yang mengkonstruksi rumah tersebut. Oleh karena itu pada saat malam hari udara dalam rumah tidak terasa terlalu dingin dan relatif memiliki udara yang rata – rata di dalam rumah. Dengan kondisi itu, para pemilik rumah yang berada di pedesaan lebih menyukai membangun rumah dengan hiasan kayu karena bernilai seni yang tinggi dan juga dari segi ekonomi lebih menunjang.

Apa Kelebihan Rumah Kayu

Sama halnya dengan rumah bambu, rumah kayu juga memiliki nilai seni yang tinggi. Selain itu, ada beberapa poin lain yang membuat rumah berbahan kayu ini menjadi pilihan dibandingkan dengan rumah beton. Beberapa kelebihannya antara lain:
  • Model rumah ini mempunyai ciri khas sebagai media penahan panas. Maka dari itu, interior ruangan dalam bentuk rumah ini lebih sejuk dibandingkan dengan rumah yang berdinding beton.
  • Rumah berbahan kayu dapat menciptakan kesan alamiah dengan adanya ornamen kayu.
  • Rumah ini bisa dijadikan investasi. Mengapa? Sebuah rumah kayu dengan desain dan nilai historis dapat melambungkan harga dari rumah tersebut. Oleh karena itu, memiliki desain rumah tersebut dapat diibaratkan sedang menabung untuk investasi jangka panjang di masa depan.
  • Kelebihan yang terakhir adalah mudah dalam merenovasi rumah. Rumah berbahan kayu dapat diubah bentuk bangunan sesuai dengan kebutuhan pemilik rumah.
Apa Kelemahan Rumah Kayu

Di satu sisi model rumah ini mempunyai kelebihan, namun disisi lain juga mempunyai kekurangan. Berikut ini beberapa kelemahan tersebut antara lain:
  • Desain dari kayu mempunyai kecenderungan resiko tinggi jika terjadi musibah kebakaran. Oleh karena itu, dalam awal proses perancangan rumah, khusunya bagian dapur haruslah diperhatikan dengan serius. Tentu saja agar tidak memberikan ancaman kebakaran yang membahayakan.
  • Pemilik rumah harus mempunyai pengetahuan tentang jenis-jenis kayu. Bagi mereka yang tidak memiliki banyak pengetahuan tentang kayu, maka akan sangat membahayakan bila salah memilih jenis kayu untuk bahan bangunan.
  • Saat ini keberadaan kayu dengan kualitas tinggi semakin sulit dicari dan jenis kayu tertentu didapat melalui prosudur yang tidak mudah. Sehingga membangun rumah kayu lebih mahal dibandingkan dengan rumah berdinding beton.
Tips Cara Membuat Rumah Kayu

Sebelum kita membahas langkah demi langkah cara membuat desain rumah kayu. Ada baiknya kita simak tips untuk membuat rumah dari kayu secara aman dan nyaman. Pertama, pilihlah lokasi pembangunan rumah pada daerah yang tidak merusak kayu dan juga dapat menjamin rumah berdiri kokoh dan tahan lama. Kedua, pemilihan jenis kayu disesuaikan dengan fungsi dan nilai estetika yang ingin ditonjolkan, contohnya untuk jenis kayu struktur kolom utama kebih baik menggunakan kayu jati kualitas terbaik agar rumah berdiri kokoh. Pada dinding rumah, bisa menggunakan kayu dengan tekstur menarik sehingga dapat menciptakan sebuah rumah idaman yang cantik. Ketiga, sebelum digunakan sebagai struktur bangunan, kayu dapat diawetkan dengan proses perendaman atau dapat pula dilakukan pengecatan pada permukaan kayu agar tahan dari pelapukan dan serangan serangga.

Berikut ini langkah cara membuat rumah kayu yang nyaman dan aman:
  • Buatlah data keberadaan tanah yang ingin Anda bangun.
  • Rancang desain rumah kayu yang akan dibuat.
  • Buatlah sketsa rumah bentuk gambar sebagai gambaran awal.
  • Hitunglah struktur kayu untuk menentukan kualitas dan dimensi kayu yang aman dan terjangkau sesuai dengan kebutuhan Anda. Buatlah detail pada jenis kayu pada kolom, balok, lantai, kuda-kuda dan juga atap rumah.
  • Gambarlah detail struktur rumah kayu yang lebih sempurna berdasarkan hasil kalkulasi sebelumnya.
  • Anda harus menghitung rencana anggaran pembuatan rumah.
  • Membeli material yang akan digunakan.
  • Membeli material atau bahan untuk proses pengawetan kayu.
  • Proses pembangunan rumah sesuai dengan desain yang telah dibuat.
  • Terakhir, proses pemeliharaan rumah kayu agar tetap awet dan terhindar dari berbagai macam kerusakan seperti gangguan rayap, kebocoran dan lain sebagainya.
Demikian sedikit informasi mengenai model rumah kayu disertai dengan tips cara membuat rumah kayu yang nyaman dan aman

http://ruangrumahkita.blogspot.com/

http://ruangrumahkita.blogspot.com/

http://ruangrumahkita.blogspot.com/

http://ruangrumahkita.blogspot.com/

http://ruangrumahkita.blogspot.com/

http://ruangrumahkita.blogspot.com/

http://ruangrumahkita.blogspot.com/

http://ruangrumahkita.blogspot.com/

http://ruangrumahkita.blogspot.com/

http://ruangrumahkita.blogspot.com/


Related Posts:

0 Response to "Membangun Rumah Kayu Modern"

Post a Comment