Rumah Penuh Hoki, Tanam Buah ini

Daging buahnya berwarna putih, merah, kuning, dan ungu dengan kulit bersisik mirip kepala naga, sementara batang tanamannya seolah ekor penuh duri yang mungkin menyebabkan buah ini disebut buah naga. Ya, namanya memang buah naga.

Namun demikian, buah ini bukan buah asli dari daratan Cina, tetapi berasal dari Meksiko, Amerika Tengah, dan Amerika Selatan. Pitaya atau Dragon Fruit, begitu sebutan untuk buah ini, oleh masyarakat Tionghoa dianggap sebagai buah pembawa hoki atau keberuntungan yang senantiasa menghiasi altar pemujaan dewa menjelang Imlek.

Tak hanya bagi masyarakat Tionghoa. Buah yang di Indonesia banyak dibudidayakan di Jember, Malang, Pasuruan, Banyuwangi, Batam, dan satu kebun buah naga di Kota Semarang, ini ternyata juga membawa hoki bagi para petani pembudidayanya. Nah, apalagi jika Anda menanamnya di rumah!

Sesaji dan hoki

Meski bukan buah asli dari Cina, buah dengan genus hylocereus ini sangat lekat dengan tradisi Tionghoa. Bagi masyarakat Tionghoa, buah ini dipercaya membawa hoki atau keberuntungan yang senantiasa disajikan untuk para dewa bersama dengan buah dan tanaman lainnya seperti jeruk, tebu, bambu, pisang raja atau pisang mas, dan terong susu.

Saat perayaan Imlek, buah naga sering menjadi pendamping dua patung di meja altar persembahan bagi para dewa. Banyak orang Tionghoa percaya, buah naga bermanfaat banyak.

"Warna merahnya melambangkan kemakmuran, sehingga dengan menyediakan buah naga dan menikmati buahnya diyakini akan mendapatkan kemakmuran di tahun berikutnya," kata Lana (60) warga keturunan Tionghoa di Semarang.


Tidak sekadar membawa hoki, buah yang berasal dari tanaman jenis kaktus ini juga dipercaya bermanfaat untuk kesehatan. Padahal, awalnya tanaman ini hanya dikenal sebagai tanaman hias. Thang loy, begitu buah ini disebut oleh masyarakat Tionghoa, mengandung banyak vitamin B1, B2, B3, C, zat besi, potasium, dan mineral lainnya sehingga dipercaya banyak memiliki khasiat bagi daya tahan dan metabolisme tubuh.

Menurut hasil penelitian Al Leong dari Johncola Pitaya Food R&D, yang dilansir dalam laman internet www.buahnaga.us menyebutkan, buah ini juga berkhasiat mencegah kanker usus, mencegah kandungan kolesterol tinggi dalam darah, serta menurunkan kadar lemak tubuh.

Related Posts:

0 Response to "Rumah Penuh Hoki, Tanam Buah ini"

Post a Comment