Standar Derajat Kemiringan Atap Rumah

http://ruangrumahkita.blogspot.com/
Sebelum memulai membangun rumah, ada satu hal perlu mendapatkan perhatian yaitu kemiringan atap rumah, karena kemiringan ata rumah akan berpengaruh pada banyak hal, misalnya pada beberapa kasus kebocoran dari atap rumah, serta pada kualitas sirkulasi udara dalam rumah.

Ada yang tahu berapa standar minimal kemiringan sudut rumah tinggal? Mari berbagi ilmu disini. Meskipun kelihatanya sepal namun efeknya cukup besar, misalnya atap rumah genteng yang dibuat terlalu landai maka air hujan tidak bisa mengalir kebawah tapi justru jatuh
kesela-sela sambungan genteng dan masuk kedalam ruangan rumah. Sebaliknya jika dibuat terlalu tegak maka besar kemungkinan terdapat atap genteng yang merosot saat angin kencang atau hujan turun. Semua itu tentu sangat merepotkan penghuni rumah. Oleh karena itu mari kita bahas disini secara detail.

Kemiringan Atap Genteng
Minimal kemiringanya adalah 30 derajat, rata-rata dibuat dengan kemiringan 35 derajat. Jika lebih landai dari itu maka diperlukan atap tambahan dibawahnya, misalnya dengan memasang plastik tebal. Atau jika dibuat lebih tegak dari itu maka diperlukan perkuatan pada setiap genteng, contohnya dengan cara memasang sambungan pada paku dan reng.


Kemiringan Atap Asbes / Seng
Bisa dipasang lebih landai dari genteng, yaitu minimal sudutnya 10 derajat, karena ukuranya yang lebar dan sambungan cukup bagus jadi tidak rawan terjadi kebocoran meskipun dibuat landai.

Kemiringan Atap dak cor beton
Untuk jenis ini tidak perlu kemiringan, atau bisa dibuat 0 derajat. Namun jika mau membuat miring juga tidak jadi masalah, misalnya dengan tujuan menyesuaikan bentuk arsitektur rumah terindah. Agar tidak mengalami kebocoran ketika hujan turun maka diperlukan pelapisan dengan bahan waterproofing sehingga air tidak bisa tembus kedalam rumah tinggal.

Jenis atap lainya bisa disesuaikan dengan bahan dan kondisi rumah yang akan dibangun, apalagi akhir-akhir ini banyak inovasi yang dilakukan para produsen sehingga banyak sekali ragam material atap dipasaran, Namun tenang saja tidak perlu bingung menentukan sudut mini8mal kemiringan karena biasanya para produsen sudah melengkapi data spesifikasi teknis dan syarat pemasangan ketika mengajukan penawaran untuk menjadi supplier bahan atap rumah tinggal. intinya adalah bagaimana agar atap rumah bisa terlihat indah namun tetap dapat berfungsi dengan baik, dapat dibuat dengan biaya semurah mungkin, berkualitas bagus serta awet tahan lama.

Related Posts:

0 Response to "Standar Derajat Kemiringan Atap Rumah"

Post a Comment