Tips Mengatur Tata Letak Ruang Dengan Bijak

Kali ini Tim Ruang Rumah Kita akan berbagi tentang tips Tata Letak Ruang dalam rumah idaman anda, tata letak ruang merupakan salah satu hal yang vital, namun seringkali disepelekan. Bisa jadi karena memang kurang dalam pengetahuan, atau memang tidak terlalu peduli dengan tata ruang rumah yang baik.

Selain berkontribusi memberikan kenyamanan, tata ruang yang cocok , sesuai, dan menyatu dengan desain interior rumah juga akan menciptakan sebuah keserasian yang menjadikan ruangan lebih maksimal
dari sisi tampilan, dan dari sisi fungsinya.

Banyak orang yang masih bingung bagaimana menata ruangan agar terlihat lebih segar, dan lega. Kebanyakan tidak memiliki konsep yang jelas bagaimana kesan yang akan ditimbulkan dari ruangan tersebut. Sehingga terkesan asal-asalan. Meskipun menggunakan furniture mahal, namun jika tidak ada keselarasan dengan ruangan justru akan menjadi sia-sia dan tidak maksimal. Bagaimana menyiasatinya?


3 Tips Utama Tata Ruang Rumah

  1. Konsep. Sebelum memikirkan isi ruangan, lebih baik pikirkan dulu bagaimana konsepnya. Bagaimana kesan yang akan anda timbulkan melalui desain interior rumah anda. Modern, Vintage, Fresh, Tropical, tradisional, kontemporer, dll. Kalau anda kurang paham dengan istilah tersebut, mudahnya adalah pikirkan kesan apa yang akan timbul pada ruangan anda. Misalnya : segar, hangat, lembut, modern.
  2. Isi Ruangan. Hal mendasar yang sering disepelekan orang adalah memenuhi ruangan dengan banyaknya perabotan atau furniture, bahkan barang-barang yang notabene tidak/jarang digunakan. Ini kesalahan besar yang harus dihindari. Pilihlah furniture yang sesuai dengan konsep yang sudah anda ambil. Misal ingin memberikan kesan lembut, pilih warna seperti abu-abu atau beige/krem untuk sofa. Meja bisa berwarna putih atau full hitam sebagai kontras. Yang terpenting, gunakan ruangan sesuai fungsinya. Jangan letakan barang-barang yang tidak berguna kedalam ruangan anda.
  3. Warna dinding. Jangan sepelekan warna dinding rumah. Karena sebagus apapun tata ruang, pemilihan furniture serta pemanfaatan space, jika tidak ditunjang dengan warna yang cocok juga tidak menghasilkan ruangan yang indah dan nyaman. Anda bisa melihat-lihat warna cat rumah minimalis atau desain interior rumah minimalis untuk mencari inspirasi warna dinding anda.


Kombinasi ketiga unsur diatas, jika dilakukan dengan benar niscaya bisa menghasilkan sebuah interior yang mempunyai tata ruang rumah maksimal, serta menyatu dengan desain interior secara menyeluruh. Intinya, jangan paksakan terdapat banyak perabot atau barang yang kurang diperlukan di sebuah ruangan. Pergunakan sesuai funginya.

Related Posts:

0 Response to "Tips Mengatur Tata Letak Ruang Dengan Bijak"

Post a Comment