Memilih Bahan Meja Dapur Yang Tepat dan Bijak

meja dapur
Memilih Bahan Meja Dapur Yang Tepat dan Bijak. Tak ayal lagi dapur yang bersih, sehat dan higenis adalah dambaan semua ibu rumah tangga, terutama pada meja dapur, meja dapur mempunyai banyak fungsi, seperti meletakhan bahan makanan yang akan dimasak, meracik bumbu, mengiris bawang, menghidangkan makanan dan lain sebagainya, sehingga meja dapur harusnya mempunyai bidang yang sangat rata, tahan dari perubahan suhu, mudah dibersihkan, dan berpori-pori padat sehingga kotoran tidak mudah masuk.


Saat ini banyak sekali pilihan meja dapur, untuk memilih jenis dan bahan meja dapur ibu rumah tangga harus memerhatikan beberapa hal, misalnya konsep dasar perangkat dapur lainnya, dan juga seyogyanya tau plus minusnya dari masing-masing model, bahan dan jenis meja dapur.

1. Meja Dapur Kayu
Kayu dapat memberikan kesan hangat dan natural pada table top dapur Anda. Kayu jati dan maple biasa digunakan sebagai permukaan meja dapur. Kelebihan dari meja berbahan kayu yaitu mudah untuk dibersihkan. Selain itu dapat diamplas dan dilapisi kembali. Kekurangan dari meja berbahan kayu ini untuk table top adalah ketahanan dari kayu sendiri yang bisa rusak oleh air dan noda. Goresan dari aktivitas potong-memotong harus ditutup dengan menggunakan minyak tertentu sesuai dengan jenis kayu yang digunakan.

2. Meja Dapur Marmer
Siapa yang tak mengenal bahan ini. Marmer dapat menjadikan meja dapur Anda menjadi elegan. Bahan ini biasanya diambil dari bebatuan yang mengandung unsur karbon yang terkristalisasi. Bebatuan ini dipotong menjadi kepingan dengan ketebalan tertentu. Tak heran harga bahan ini sangat mahal.

Kelebihan dari meja dapur berbahan marmer adalah tahan panas dan air, serta tersedia beraneka ragam pola dan tekstur. Namun kekurangan dari bahan ini adalah mahal. Pemasangan harus dilakukan oleh seorang profesional. Selain itu, bahan ini gampang ternoda sehingga sulit menghilangkan.

3. Meja Dapur Kaca
Material ini memang tidak familiar untuk  bahan meja dapur. Tapi bisa menjadi pilihan bagi Anda yang menyukai tekstur kaca. Kelebihan dari meja dapur kaca adalah pilihan warna, tekstur dan ketebalan yang beragam. Selain itu, kaca merupakan bahan hygienis dan bersih serta tahan panas dan noda. Kekurangan tentu saja mudah retak (pecah) dan juga tergores.

4. Meja Dapur Lembaran Beton
Bahan ini sangat unik, jadi jika Anda ingin mempunyai permukaan meja dapur dengan bentuk yang tidak biasa, beton merupakan pilihan tepat. Kelebihan dari bahan beton adalah tahan panas dan goresan.Kekurangan dari bahan ini adalah harganya termasuk mahal dan juga ada kemungkinan retak suatu saat.

5. Meja Dapur Soapstone
Ciri-ciri dari bahan ini adalah berwarna abu-abu gelap dan permukaannya halus. Kelebihan meja berbahan soapstone yaitu tahan terhadap noda dan warna gelap bisa menjadi nilai eksotis dari sebuah toptable dapur. Namun kekurangan dari soapstone adalah membutuhkan perawatan yang ekstra dengan menggunakan minyak mineral. Selain itu, bahan ini juga mudah retak.

6. Meja Dapur Stainless Steel
Jika Anda menginginkan desain dapur kotemporer, Anda bisa menggunakan bahan stainless steel sebagai material meja dapur. Kelebihan dari bahan ini adalah mudah dibersihkan dan juga tahan panas. Namun kekurangan dari material ini yakni dapat penyok, berisik dan diperlukan biaya pemasangan yang tidak murah.

7. Meja Dapur Keramik
Pasti Anda sangat familiar dengan material keramik ini. Banyak pemilik rumah yang mendesain meja dapur dengan menggunakan bahan keramik sebagai bahan meja dapur mereka. Selain harga yang terjangkau, proses pemasangan nya pun tidak rumit. Harga, desain, tekstur dan warna bervariasi. Bahan keramik juga mudah untuk dibersihkan. Namun kekurangan dari bahan keramik ini adalah permukaan tidak rata. Lembaran keramik mudah retak. Garis nat keramik mudah bocor dan ternoda.

8. Meja Dapur Laminasi
Table top model ini sangat populer di Indonesia saat ini. Harga nya termasuk terjangkau dan tersedia dalam berbagai pola dan warna. Bahan ini terbuat dari partikel kayu yang dilaminasi dengan plastik keras. Tentu saja kelebihan dari model meja dapur ini adalah permukaan yang solid dan tidak berpori. Selain itu mudah dibersihkan dan tersedia aneka pola dan desain. Namun kekurangan dari tabletop ini adalah mudah tergores dan tidak tahan panas tinggi.

9. Meja Dapur Batuan Rekayasa
Bahan meja dapur yang satu ini terbuat dari 90 % partikel quartz dan harganya cukup mahal. Tabletop bahan ini harus dibuat di pabrik dan merupakan bahan alternatif pengganti bahan granit. Kelebihan dari bahan ini adalah tidak berpori dan mudah dirawat. Selain itu bahan ini tidak harus dipoles seperti bahan granit. Kekurangan dari bahan ini adalah harga yang mahal dan pemasangan harus dilakukan oleh tenaga profesional.

10. Meja Dapur Granit
Perlu Anda ketahui bahwa granit merupakan bahan material dari tabletop yang paling mahal dan paling elegan. Granit adalah jenis batu alam yang mempunyai kekuatan dan ketahanan luar biasa. Kelebihan dari meja dari bahan ini adalah tahan panas dan goresan. Namun kekurangan dari granit adalah termasuk material berpori sehingga harus dipoles secara teratur. Bahan meja dapur ini sangat cocok untuk kabinet dapur yang berkualitas dan mahal, sehingga akan menambah kesan mewah pada meja dapur idaman Anda.

meja dapur

Demikian beberapa model meja dapur berdasarkan bahan materialnya. Semoga dapat bermanfaat. Tak lengkap rasanya jika kami desainic tidak menghadirkan beberapa inspirasi gambar meja dapur cantik untuk Anda semua. Berikut kami hadirkan beberapa model meja dapur terbuat dari granit yang di desain sangat cantik di ruang dapur.

Related Posts:

0 Response to "Memilih Bahan Meja Dapur Yang Tepat dan Bijak"

Post a Comment