Mengatasi Kebocoran Atap Rumah Idaman dengan Jitu

Mengatasi Kebocoran Atap Rumah Idaman dengan Jitu
Musim penghujan sudah mulai datang, rumah idaman anda yang selama musim kemarau kelihatan tidak ada masalah, tiba-tiba begitu hujan pertama kali rumah idaman anda mengalami bocor sana-sini, hal ini terjadi bagi sebagian rumah tinggal yang sewaktu membangun tidak betul-betul mempertimbangkan masak-masak tentang atap yang akan digunakan atau sistem kemiringan atap. sebelum anda membaca secara keseluruhan tulisan ini, silahkan anda baca juga:
Jenis genteng untuk atap rumah
  1. Model atap rumah minimalis plus gambar
  2. Inilah penyebab atap rumah bocor
  3. Mengenal bentuk dan model atap rumah
  4. Standar derajat kemiringan atap rumah
Baiklah kita simak beberapa tips berikut untuk mengatasi jika
rumah anda mengalami kebocoran, dengan harapan semoga bisa bermanfaat bagi anda:

  1. Sebagai tindakan preventif sebaiknya dibawah genteng diatas reng diberi hamparan plastik yang dibuat sedemikian rupa supaya jika genteng geser atau pecah bisa ditampung plastik dan tidak mengenai reng dan kayu serta plafon di bawahnya.
  2. Sebagai tindakan sementara jika rumah anda mengalami kebocoran, air bisa ditampung dengan timba, bak atau alat dapur lainnya, jika memungkinkan air ditampung di atas plafon supaya air tidak mengenai plafon rumah anda, apalagi plafon yang digunakan berbahan gipsum, karena plafon berbahan gipsum sama sekali tidak tahan terhadap air. 
  3. Jika anda harus membenahi genteng yang geser atau pecah tunggu sapai hujan betul-betul reda, karena membetulkan genteng sewaktu hujan resiko kepleset dan tersengat aliran listrik sangat memungkinkan.
  4. Jika kebocoran terjadi pada talang air dan tidak memungkinkan mengganti talang air, anda bisa menggunakan bahan perelat anti bocor yang banyak dijual di toko-toko bangunan,  yang perlu mendapatkan perhatian adalah bersihkan dulu permukaan yang akan ditutup dengan bahan perekat anti bocor.
  5. Perekat juga bisa digunakan pada kebocoran pada sumber-sumber atau penyebab kebocoran di genteng, nok/bubungan atau tempat lainnya.
Semoga tulisan sederhana ini bisa bermanfaat....

Related Posts:

0 Response to "Mengatasi Kebocoran Atap Rumah Idaman dengan Jitu"

Post a Comment