6 Tips Sederhana Ruangan Sempit Akan Terasa Luas dan Lega

6 Tips Sederhana Ruangan Sempit Akan Terasa Luas dan Lega
6 Tips Sederhana Ruangan Sempit Akan Terasa Luas dan Lega. Karena keterbatasan lahan sebagian banyak rumah sekarang mengadopsi desain rumah minimalis yang memanfaatkan lahan yang sempit dengan semaksimal mungkin, setiap jengkal tanah dimanfaatkan sedemikian rupa sehingga lahan yang sempit dapat menghadirkan sebuah rumah yang sesuai dengan tingkat kebutuhan standart. Nah kali ini kami mencoba berbagi menyiasati ruang yang sempit terlihat lebih luas, sehingga walaupun sempit akan terkesan menjadi ruang yang lega.


Untuk menyiasati ruang yang sempit menjadi terasa lebih lega memang dibutuhkan beberapa sentuhan dan kejelian kita, nah berikut ini beberapa tips supaya ruang sempit menjadi lebih lega:

1. Menghindari Warna Dinding Putih
Ada beberapa orang beranggapan warna dinding putih akan memberikan kesan luas dan lega, tetapi beberapa desainer mengatakan bahwa justru warna putih akan memberikan kesan ruang yang sempit. Kalau penerangan ruang agak redup dinding yang berwarna putih akan merefleksikan bayangan sehingga ruangan akan terlihat suram dan dekil, lain halnya dengan dinding yang berwarna lebih gelap yang akan mereflekdikan bayangan sejelas dinding yang berwarna putih sehingga ruangan akan tampak lebih luas dan lega.

2. Menempatkan Cermin
Tips ini saya kira sudah banyak yang mengetahui, menempatkan cermin besar di salah satu sisi ruangan, atau di belakang suatu obyek atau furnitur akan memantulkan sinar lampu menjadi sinar yang alami, dan juga cermin akan membuka suatu ruangan baru. Teknik ini juga akan sangat terasa jika diaplikasikan pada apartemen yang mempunyai sekat ruang yang sangat sempit. Tetapi walaupun begitu kebersihan cermin harus tetap dijaga, karena sedikit kotoran saja akan sangat mengganggu keindahan interior rumah anda. Dan juga kualitas cermin itu sendiri juga harus mendapatkan perhatian, karena cermin dengan mutu yang rendah akan menghasilkan bayangan yang kurang simetris.

3. Menempatkan Perabot Pematul Cahaya
Jika tidak suka dengan menempatkan cermin besar di dalam ruangan, menempatkan perabot yang bisa memantulkan cahaya dan obyek yang ada didepannya misalnya vas bunga yang terbuat dari bahan aluminium atau perabot yang terbuat dari stainless steel yang akan memberikan efek yang sama dengan cermin yaitu akan membuka ruang baru.
Pencayaan yang kuat akan memberikan efek yang luas dan besar, dengan diikuti penempatan perabot yang bisa memantulkan cahaya atau bahan-bahan yang transparan juga akan memberikan efek ruangan menjadi terasa lebih luas dan lega.

4. Warna Cat Langit-langit
Untuk mengecat langit-langit dengan warna sama atau satu tingkat lebih terang dari dinding rumah. Jika warna langit-langit dan dinding terlalu kontras, ruangan akan terlihat seperti 'terbelah' karena mata berhenti seketika akibat perubahan warna yang drastis.

5. Menempatkan Furniture yang Besar
Jika anda beranggapan bahwa perabot/furniture yang kecil akan memberikan kesan yang luas pada ruangan itu adalah salah besar, justru penempatan furniture yang berukuran lebih besar akan memberikan efek lebih luas dan lega daripada menempatkan furniture kecil tapi banyak.
Satu cermin besar, satu lampu gantung besar dan satu karpet besar atau di tamah dengan satu lukisan besar justru akan memberikan kesan pada ruangan menjadi lebih luas dan lega, daripada menempatkan perabotan furniture yang lebih kecil.

6, Lukisan Besar
Jika teman, saudara atau sanak famili bertamu ke rumah anda, buat mereka fokus kepada suatu benda yang cukup menonjol dan menyolok sehingga langsung menarik perhatian mereka dengan memajang sebuah lukisan besar di salah satu sisi dinding ruang tamu anda, pilihlah lukisan yang unik yang memancing rasa penasaran akan keingintahuan pada lukisan tersebut, jika anda tidak begitu menyukai lukisan anda bisa memajang karya kaligrafi yang unik. Mengalihkan perhatian tamu anda dengan pajangan lukisan atau kaligrafi yang unik akan mengalihkan perhatian dari ruang tamu yang sempit serta akan menambah nilai estetika ruang tamu anda.
.

Related Posts:

0 Response to "6 Tips Sederhana Ruangan Sempit Akan Terasa Luas dan Lega"

Post a Comment