Cara Membuat Rumah Lebih Sejuk Secara Alami

Suhu udara yang kian hari semakin tinggi terkadang menyebabkan kondisi udara di dalam rumah kurang nyaman. Penggunaan perangkat udara adalah salah satu cara efektif membuat rumah lebih sejuk, namun kurang ramah lingkungan. Berikut ini beberapa cara membuat rumah lebih sejuk secara alami.

Tutup pintu dan jendela di siang hari

Cahaya matahari pagi yang sehat untuk tubuh karena dapat menyuplai vitamin D, namun di siang hari cahaya matahari yang masuk ke dalam rumah menyebabkan peningkatan suhu di dalam rumah. Cegah udara panas masuk dan terperangkap di dalam rumah dengan menutup pintu dan jendela rapat-rapat. Malam harinya buka jendela dan pintu lebar-lebar agar hawa dingin masuk kedalam rumah, dan tutuplah sebelum tidur. Cara membuat rumah lebih sejuk secara alami yang kedua adalah 

Gunakan tirai warna cerah

Penggunaan warna gelap cenderung  menyerap cahaya dan panas, sebaliknya warna putih atau warna-warna cerah memantulkan cahaya dan hawa panas. Sebaiknya anda menggunakan tirai pintu atau jendela dengan warna-warna cerah untuk mengurangi hawa panas di dalam rumah.

Matikan benda elektronik

Cara membuat rumah lebih sejuk yang ke tiga adalah dengan mematikan benda-benda elektronik yang sudah digunakan atau tidak terlalu penting. Tingginya suhu ruangan juga dapat disebabkan oleh benda elektronik di dalam rumah, karena panas yang di pancarkan dari komponen di dalamnya. Matikan alat elektronik yabg tidak terlalu penting digunakan terutama di siang hari, cabut charger ponsel setelah digunakan dan tekan tombol off pada telvisi atau radio dan jangan biarkan dalam keadaan standbay.

Perhatikan pemilihan lampu

Lampu yang lebih redup belum tentu memancarkan hawa panas yang lebih sedikit. Gunakan lampu neon selain dapat menghemat energi lampu neon juga tidak banyak memancarkan panas. Memang harga lampu neon lebih mahal, namun usianya lebih panjang dibandingkan lampu pijar.

Perhatikan kelembaban

Kelembaban dapat membuat ruangan terasa lebih panas, hindari mencuci pakaian disiang hari apalagi menjemurnya di teras atau balkon atas. Pakaian basah yng terkena sinar matahari akan menjadikan ruang di sekitar rumah menjadi lembab dan terasa panas. Pastikan pula ventilasi yang memadai di kamar mandi, tempat cuci piring dan baju, serta ruang lain yang lembab.

Tanam pohon

Cara membuat rumah lebih sejuk yang terakhir adalah menanam pohon, tumbuhan hijau cukup efektif untuk mengurangi hawa panas di dalan rumah karena menghasilkan oksigen. Bila halaman rumah kurang memadai untuk menanam pepohonan, tanamlah dalam pot-pot yang cukup besar dan letakkan pot di beranda, teras belakang, sudut-sudut ruangan dan di depan jendela.

Itulah tips singkat cara membuat rumah lebih sejuk secara alami yang dapat diberikan oleh  iderumahkreatif.blogspot.com semoga bermanfaat bagi anda untuk membuat rumah idaman anda lebih sejuk dan tentunya nyaman untuk anda tinggali.



Referensi: Majalah Info Kebayoran Maret 2015 halaman 32

Related Posts:

0 Response to "Cara Membuat Rumah Lebih Sejuk Secara Alami"

Post a Comment