Rumah Anti Rayap (Tips Mencegahnya)

http://ruangrumahkita.blogspot.com/
Seringkali kali kita terusik dengan rayap-rayap membandel yang bersarang pada perabotan dan dinding rumah kesayangan anda. Serangga bertubuh kecil ini lebih berbahaya dari pada serangga lainnya, karena rayap memiliki sifat merusak.

Rayap hidup berkoloni/ berkelompok, bila ada satu saja koloni rayap di rumah anda, maka anda harus waspada dan segera bertindak, karena rayap cepat berkembang biak dan efek kerusakan yang ditimbulkan sangat merugikan kita.

Jangan sampai rumah idaman anda menjadi sarang
rayap serta perabot kesayangan menjadi sasaran empuk rayap, bahkan rayap dapat merobohkan rumah
bila sudah menjadi koloni besar. Lalu bagaimana cara yang efektif untuk membasmi rayap? Sebelum anda memanggil jasa anti rayap sebaiknya lakukan pencegahan terlebih dahulu. Berikut beberapa panduan yang dapat anda gunakan untuk melindungi rumah dan perabotan anda dari serangan rayap.

1. Membersihkan saluran air dan selokan.
Rayap menyukai area yang lembab dan menyerap banyak air, salah satunya selokan. Bersihkan selalu selokan di depan atau samping rumah dan jaga agar sampah atau kotoran tidak menyumbat selokan.

2. Memperbaiki pipa dan keran air yang bocor.
Jika ada pipa atau keran air yang bocor, segera perbaiki. Keran air yang bocor selalu meneteskan air bahkan saat tidak digunakan. Hal tersebut bisa membuat rumah anda selalu lembab dan menjadi tempat ternyaman untuk rayap.

3. Makanan utama rayap adalah kayu, usahakan tidak menempatkan meterial kayu di dekat pondasi rumah. Hindari juga meletakkan tumpukan kayu di dalam rumah.
4. Pastikan ventilasi udara atau lubang angin bersih dari serpihan cat atau batu bata. Karena serpihan material tersebut dapat mengundang rayap masuk ke rumah anda.

5. Gunakan kayu berkualitas bagus untuk balkon, tangga, pintu dan bingkai jendela. Kayu yang kualitasnya rendah memudahkan rayap untuk memakannya. Bersihkan juga secara berkala, bisa dengan membersihkan secara teratur atau memulas ulang dengan vernish atau plitur.

6. Beri jarak kurang lebih 10 cm dari dinding untuk meletakkan furnitur, agar mudah membersihkan dan memantau bila terserang rayap.

Dari semua hal diatas, tentu saja faktor kebersihan adalah yang utama. Bila rumah kita bersih dan terawat maka segala macam serangga dan bahkan kuman pun enggan mampir.

Related Posts:

0 Response to "Rumah Anti Rayap (Tips Mencegahnya)"

Post a Comment