Mengenal Lebih Dalam Lantai Marmer

http://ruangrumahkita.blogspot.com/
Sedikit Wacana tentang Marmer (Marble), Marmer adalah batuan metamorf terdiri dari mineral karbonat yang mengkristal kebanyakan kalsit dan dolomit. ahli geologi menggunakan kata marmer untuk merujuk pada batuan kapur bermetamorfosis. namun tukang batu menggunakan istilah yang lebih luas. Marmer umumnya digunakan sebagai bahan bangunan dan kerajinan seperti patung, prasasti dan lain sebagainya.

Tulisan Ruang Rumah Kita Kali ini dimaksudkan sebagai bahan referensi bagi anda yang akan membangun rumah minimalis atau merenovasi lantai rumah minimalis anda, sehingga diharapkan anda tidah salah memilih dalam menentukan jenis lantai rumah minimalis anda.
Secara Bahasa kata Marmer berasal dari bahasa yunani yaitu Marmaron dari asal kata marmaros, batu bersinar, batu kristal,
mungkin kata kerja marmairo, berkilau atau bersinar. ini juga merupakan dasar untuk kata marmer dalam bahasa inggris marmoreal yang berarti seperti marmer. Marmer dan granit merupakan jenis batuan yang terbentuk dalam waktu ratusan tahun dan tidak dapat diperbaharui.

Lantai marmer sangat kuat dan tidak getas cocok untuk menahan beban yang berat. Marmer bersifat dingin sehingga dapat menyejukan suhu di dalam ruangan. Tampilannya pun sangat mewah dengan beragam motif dan corak. Namum perawatannya lebih sulit dibandingkan jenis lantai lainnya. Lantai granit pada prinsipnya hampir sama dengan marmer, hanya secara kasat mata warnanya lebih gelap. Ketersediaan jenis batuan ini di alam lebih langka menyebabkan harganya juga lebih mahal dari marmer.

Berdasarkan finishing permukaanya, marmer di bedakan berdasarkan type:

Polished, marmer dengan permukaan mengkilap yang terdiri dari banyak warna dan karakter dan secara umum lantai jenis ini tidak di rekomendasikan untuk area di luar ruangan/ lantai komersial.
Honed, marmer dengan permukaan halus, lembut dengan sedikit mengkilap atau sama sekali tidak kilap, marmer type ini rekomendasikan untuk perumahan dan lantai - lantai komersial.
Abrasiv, permukaanya yang tidak memantul, marmer type ini di rekomendasikan untuk di gunakan di luar ruangan.
Sand Blasted, lantai marmer dengan permukaan yang kasardan tidak mengkilap dengan proses finishing mengunakan air dan pasir bertekanan tinggi yang di pancarkan ke permukaanya.
Brush Hammed, lantai marmer type ini permukaanya di buat kasar, halus hingga kasar sekali melalui proses mekanik.

Menurut tingkat kekasaran marmer di golongkan berdasarkan kandungan mineral magnesium karbonatenya dalam kelompok :

Dolomite, magnesium karbonatnya 40%, cirinya: keras, warna cenderung gelap, sulit kilap dan tahan lama kilapnya.
Magnesian, magnesium karbonatnya 5 - 40%, cirinya: keras hingga sedang, warna mulai terang hingga ke arah gelap, mudah gelap dan mudah gelap dan mudah buram
Calcite, magnesian carbonatnya 5%, cirinya: peka terhadap asam dan alkali, warna sangat terang ( ke arah putih ) sulit kilap dan cepat buram.




Related Posts:

0 Response to "Mengenal Lebih Dalam Lantai Marmer"

Post a Comment